Informasi
X


Uji Senyawa Antioksidan dengan Metode Difenilpikril hidrazil

 

Merck-ID:/Category/01665LOW_VEGETABLES_opt.jpg

Antioksidan merupakan zat yang mampu memperlambat atau mencegah terjadinya proses oksidasi1. Dalam konsentrasi yang rendah, zat ini dapat memperlambat dan mencegah terjadinya proses oksidasi yang menyebabkan terbentuknya radikal bebas dan berakibat terjadinya kerusakan protein dan asam nukleat dan memicu berbagai jenis penyakit seperti kanker dan penuaan dini.

Yang termasuk senyawa antioksidan adalah alkaloid, fenolik, polifenol, vitamin E, vitamin C, β-Karoten, EGCG, dan sebagainya. Selain itu, juga terdapat enzim yang memiliki kemampuan sebagai antioksidan seperti Superoksida Dimustase (SOD), katalase, ataupun glutation dismustase. Senyawa-senyawa ini terkandung dalam makanan dan minuman, suplemen makanan atau farmasi, ataupun kosmetik.

Dalam laboratorium uji, untuk melakukan assay atau uji aktivitas antioksidan, dikenal metode DPPH (Difenilpikril hidrazil). Zat ini berperan sebagai electron scavenger (penangkap elektron) atau hydrogen radical scavenger (penangkap radikal hidrogen bebas). Hasilnya adalah molekul yang bersifat dimagnetik dan stabil2. Jika suatu senyawa antioksidan direaksikan dengan zat ini maka senyawa antioksidan tersebut akan menetralkan radikal bebas dari DPPH. Pengukuran aktivitas antioksidan dilakukan dengan inkubasi DPPH dengan ekstrak antioksidan selama 30 menit sehingga menghasilkan larutan yang berwarna kuning kemudian dilakukan pengukuran panjang gelombang pada 517 nm. Reaksi yang terjadi adalah sebagai berikut3:

(DPPH) + (H—A) → DPPH—H + (A)
Ungu                         Kuning

H-A adalah senyawa antioksidan yang akan diuji.

Aktivitas antioksidan diperoleh dari nilai absorbansi yang selanjutnya akan digunakan untuk menghitung persentase inhibisi 50% (IC50) yang menyatakan konsentrasi senyawa antioksidan yang menyebabkan 50% dari DPPH kehilangan karakter radikal bebasnya. Semakin tinggi kadar senyawa antioksidan dalam sampel maka akan semakin rendah nilai IC50.

Merck Biosciences memproduksi DPPH yang digunakan dalam uji aktivitas senyawa antioksidan dengan bentuk padatan berwarna hitam (pelarutan dengan DMF atau etanol akan menghasilkan warna ungu kehitaman), memiliki kemurnian ≥ 90% dan larut dalam DMF atau etanol. Tersedia dengan kemasan 50 mg (300267-50MG) dengan brand Calbiochem®.

Referensi:
1. http://id.wikipedia.org/wiki/Antioksidan
2. Maria Bintang. 2002. Teknik Penelitian Biokimia. Jakarta. Erlangga Medical Series.
3. Mosquera et al. Antioxidant activity of twenty five plants from Colombian biodiversity. Mem Inst Oswaldo Cruz, Rio de Janeiro, Vol. 102(5): 631-634, August 2007.

© Merck KGaA, Darmstadt, Germany, 2014


x

Selamat datang di Merck Millipore

 

Eropa, Timur Tengah dan Afrika Asia / Pasifik Amerika Utara, Amerika Tengah dan Karibia Amerika Selatan

Mohon pilih negara Anda:

Amerika Utara, Amerika Tengah dan Karibia

Amerika Selatan

Eropa, Timur Tengah dan Afrika

Asia / Pasifik

Semua negara dari A hingga Z

Jika Anda tidak dapat menemukan pilihan negara Anda, mohon klik disini.

 

Pernyataan Pribadi

 

x

Merck Chemicals Cart ()

You are entering the Millipore online shop. Both carts are maintained for you while you shop between sites. We recommend to complete your Merck order before visiting Millipore.com.

Go to Millipore Proceed to checkout


What kind of products are you looking for?

Millipore

Bio manufacturing and Life science.

Merck Chemicals

High-quality industrial and laboratory chemicals.


Pesan penting


Saat ini tidak memungkinkan untuk memesan produk-produk Bioscience bersamaan dengan produk Merck lainnya. Kami menyarankan untuk melengkapi pesanan Anda saat ini terlebih dahulu.

Apakah Anda ingin memproses tanpa melengkapi pesanan Anda saat ini? Jika demikian, hal ini akan mengosongkan keranjang belanja Anda.